PELATIHAN PLANNING BISNIS BAGI UMKM

Hari ini SELASA tanggal 17 OKTOBER 2023 Dinas Tenaga Kerja, Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perindustrian HSS melalui bidang Koperasi Usaha Kecil Menengah melaksanakan Program Kegiatan Pelatihan Planning Bisnis Bagi UMKM.

Pelaksanaan selama 3 (tiga) hari dari tanggal 17 – 19 Oktober 2023 yang bertempat di Aula Pendopo Wakil Bupati Hulu Sungai Selatan. Peserta undangan berjumlah 35 orang yang merupakan para UMKM binaan bidang Koperasi Usaha Kecil Menengah di Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Sedangkan Narasumber dari Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) Kalimantan Selatan dan Balai Pelatihan Koperasi-UKM Provinsi Kalimantan Selatan.

Acara pertama pada kegiatan pembukaan dengan mengucapkan Basmallah yang dibawakan oleh pembawa acara dan dilanjutkan dengan penyematan kartu peserta beserta bahan pelatihan oleh Kadis Naker Koperasi-UKM dan Perindustrian dan didampingi dari Balai Pelatihan Balai Pelatihan Koperasi-UKM Provinsi Kalimantan Selatan.

Memasuki acara sambutan Kepala Dinas NakerKop-UKMP Kab. HSS Hj. Siti Erma, S.Sos.,M.AP yang sekaligus secara resmi membuka pelatihan tersebut.

Dalam hal ini beliau menyampaikan sambutan perihal maksud dan tujuan dilaksanakannya pelatihan ini agar tidak menambah angka kemiskinan ekstrem melalui bidang UMKM. Disamping itu pelatihan ini juga merupakan pembekalan para UMKM agar memiliki pemahaman dan pengatahuan tentang pentingnya perencanaan bisnis dan pengelolaan usaha yang tepat dan dapat menyusun perencanaan dan pengelolaan usaha UMKM yang telah dijalankan maupun yang akan dijalankan serta untuk memberi prediksi masa depan bisnis UMKM baik gambaran secara jangka pendek, menengah maupun jangkan panjang bagi pelaku bisnis UMKM.

Akhir acara dengan memanjatkan do’a bersama yang dipimpin oleh pembaca do’a agar pelatihan kali ini berjalan khidmat dan lancar, serta mendapat berkah dan bermanfaat bagi seluruh UMKM khususnya di Hulu Sungai Selatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *