PJ BUPATI HSS BUKA PELATIHAN PENGELOLAAN BISNIS DAN MANAJEMEN WIRAUSAHA

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan melalui Dinas Tenaga kerja, Koperasi, Usaha Kecil Menengah dan Perindustrian menyelenggarakan pelatihan pengelolaan bisnis dan manajemen wirausaha bagi para pelaku UMKM di Kab HSS bertempat di pendopo, Selasa (14/11/23).

Kegiatan pelatihan pengelolaan bisnis dan manajemen wirausaha dibuka langsung oleh Pj Bupati HSS, ditandai dengan penyematan tanda peserta oleh Pj Bupati HSS H Hermansyah dan Pj Ketua TP PKK Kab HSS Hj Rusnawati Hermansyah.

Turut hadir Pj Ketua TP PKK Kab HSS Hj Rusnawati Hermansyah, Narasumber, Dr Rusdi Rusli, M.Psi, Dwi Kiansantang PT telkom Prov Kalsel, Perwakilan Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Prov Kalsel, Kadis Tenaga Kerja, Koperasi, Usaha Kecil Menengah dan Perindustrian, Unsur PKK, GOW, Darma Wanita dan seluruh pelaku usaha.

Hj Siti Erma dalam laporannya menyampaikan bahwa tujuan dilaksanakan pelatihan ini adalah untuk memberikan pengetahuan dan kemampuan wirausaha UMKM dalam mengelola bisnis usahanya baik terkait dengan manajemen keuangan, manajemen SDM, manajemen produksi, manajemen pemasaran dan hal-hal yang terkait dengan kewirausahaan agar dapat memiliki kemampuan dan keterampilan manajemen dalam menjalankan usaha industrinya secara benar dan sistematis sehingga usaha industrinya semakin berkembang dan berdaya saing.

Peserta berjumlah terdiri dari 100 orang, 80 orang dari industri kecil menengah dan 20 orang dari unsur PKK, GOW Kab HSS, Darma Wanita serta PKK kecamatan, ungkapnya.

Terima kasih atas dukungan Pj Ketua TP PKK Kab HSS Hj Rusnawati Hermansyah atas terselenggaranya kegiatan pelatihan ini, tutupnya.

Sementara dalam sambutannya Pj Bupati HSS H Hermansyah menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan pelatihan pengelolaan bisnis dan manajemen ini, dengan harapan peserta pelatihan dapat terlaksana dengan baik dan lancar serta memberikan hasil yang optimal sebagaimana harapan.

Pj Bupati yang juga selaku Kadispora Prov Kalsel ini menambahkan bahwa usaha kecil dan menengah merupakan salah satu faktor yang mendukung ketahanan ekonomi masyarakat kita. sehingga keberadaan nya memerlukan dukungan dari para pemangku kepentingan agar tetap dapat eksis di tengah kondisi perekonomian saat ini.

Untuk mengatasi masalah yang mungkin terjadi, sekaligus untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia pelaku nya, maka kiranya kegiatan pelatihan pengelolaan bisnis dan manajemen wirausaha ini penting adanya dan hendaknya dapat menjangkau secara luas di tengah masyarakat, terangnya.

Melalui pelatihan ini diharapkan agar para peserta banyak belajar mengenai pengelolaan bisnis dan manajemen wirausaha bersama narasumber. sehingga akan semakin kompetitif dan mampu bersaing guna menunjang perekonomian para pelaku usaha, Ungkap Pj Bupati HSS H Hermansyah.

Ditambahkannya lagi, Pj Bupati HSS H Hermansyah mengatakan bahwa pengelolaan UMKM di Kab HSS semakin meningkat karena PT Telkom Indonesia juga ikut mendukung dan meintervensi kegiatan di Kab HSS karena Pj Ketua TP PKK Kab HSS Hj Rusnawati Hermansyah merupakan Officer 1 rumah BUMN area Kandangan dan Barabai PT Telkom Indonesia.

Kegiatan juga dirangkai dengan sesi tanya jawab bersama Pj Bupati HSS, Narasumber dan pelaku usaha UMKM.(cVs

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *