SOSIALISASI HALAL BAGI INDUSTRI KECIL MENENGAH

Terlaksananya kegiatan sosialisasi terhadap Industri Kecil Menengah (IKM) di Kabupaten Hulu Sungai Selatan pada hari Senin tanggal 13 November 2023 bertempat di Aula Wirausaha Dinas Tenaga Kerja, Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perindustrian.

Acara sosialiasasi dimulai dengan penyampaian laporan panitia pelaksana oleh Kabid Perindustrian Faisal Rahman, S.Sos.,M.M bahwa kegiatan ini terselenggaran dari program/kegiatan Penyusunan dan Evaluasi Rencana Pembangunan Industri dengan sumber APBDP Tahun 2023. Peserta berjumlah 20 orang sedangkan Narasumber berasal dari Banjarmasin.

Acara dilanjutkan dengan penyematan kartu peserta disertai dengan pemberian bahan sosialisasi dan setelahnya sambutan oleh Kepala Dinas Hj Siti Erma, S.Sos.,M.AP yang sekaligus membuka secara resmi kegiatan sosialisasi tersebut. Beliau menyampaikan bahwa kegiatan sosialisasi ini sangat penting di sampaikan kepada seluruh UKM maupun IKM yang mana dalam peraturan menteri agama no.39 tahun 2021 tentang penyelenggaraan bidang jaminan produk halal dan gerakan kampanye wajib sertifikasi halal 2024 yang harus dipenuhi seluruh UKM dan IKM, memang secara administrasi agak sulit akan tetapi mau tidak mau harus dipenuhi karena demi kebaikan banyak orang dari segi kualitas, kesehatan dalam keheigenisan dalam produk yang dihasilkan dan produk yang akan dipasarkan. Tapi pemerintah daerah berupaya membantu para UKM/IKM dengan pendampingan agar lebih mudah untuk melengkapi persyaratan yang akan dipenuhi tersebut. Ini tentu nya tidak lain untuk kebaikan para UKM/IKM itu sendiri dan harapannya para UKM/IKM mendapatkan omset yang lebih meningkat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *