PELATIHAN AKUNTANSI/PEMBUKUAN BAGI UMKM DI HULU SUNGAI SELATAN

Senin tanggal 9 Oktober 2023 Dinas Tenaga Kerja, Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perindustrian HSS melalui bidang Koperasi Usaha Kecil Menengah melaksanakan Program Kegiatan Pelatihan Akuntansi/Pembukuan Hasil Usaha Bagi UMKM dari awal proses produksi hingga proses pemasarannya.

Pelaksanaan dari tanggal 9 – 11 Oktober 2023 yang bertempat di Aula Pendopo Wakil Bupati Hulu Sungai Selatan. Peserta UMKM berjumlah 35 orang yang merupakan UMKM binaan bidang Koperasi-UKM Disnaker Kop-UKM dan Perindustrian di Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Narasumber dalam pelatihan kali ini berasal dari Balai Koperasi dan Usaha Kecil Provinsi Kalimantan Selatan.

Acara dimulai dengan pengucapan Basmallah yang dipimpin oleh pembawa acara. Dilanjutkan dengan penyerahan Id card dan bahan praktik oleh Sekretaris dan perwakilan dari Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dari Provinsi Kalimantan Selatan.

Saat sambutan Kepala Dinas Tenaga Kerja, Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perindustrian dibacakan oleh Sekretaris Syamsuddin, SH karena Kepala Dinas masih menjalankan ibadah umroh di tanah suci Mekkah sehingga tidak bisa hadir dan sekaligus membuka secara resmi pembukaan pelatihan tersebut. Penutup acara dibacakan dengan do’a bersama agar pelatihan kali ini berjalan dengan lancar dan mendapat berkah.

Saat break beberapa menit langsung dilanjutkan dengan paparan oleh narasumber perihal materi dasar dalam pembuatan Akuntansi/Pembukuan. Yang manfaatnya dapat membantu para pelaku bisnis mandiri agar bisa menyusun rencana alokasi biaya untuk produk atau jasa, mengetahui naik turunya laba usaha, mengetahui pemasukan dan pengeluaran uang serta untuk mengetahui grafik penjualan dan produksi dari pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *